Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 27 Desember 2013

Surat Ali Imran(3) ayat138 dan 139

#x»yd ×b$ut/ Ĩ$¨Y=Ïj9 Yèdur ×psàÏãöqtBur šúüÉ)­GßJù=Ïj9 ÇÊÌÑÈ Ÿwur (#qãZÎgs? Ÿwur (#qçRtøtrB ãNçFRr&ur tböqn=ôãF{$# bÎ) OçGYä. tûüÏZÏB÷sB ÇÊÌÒÈ


138.  (Al Quran) Ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.
139.  Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Tafsirnya:
            Allah berfirman kepada hamba-hambaNya yang mu’min tatkala mereka mendapat musibah dalam perang Uhud dan gugur 70 orang di antara mereka sebagai syuhada, bahwa hal yang serupa itu telah terjadi pada umat-umat yang sebelum mereka, para pengikut Nabi-nabi yang akhirnya merekalah yang beruntung dan orang-orang kafirlah yang binasa. KarenaNya Allah memerintahkan hamba-hambaNya mengadakan perjalanan untuk melihat dan menyaksikan bagaimana akibat yang diderita oleh umat-umat yang mendustakan Nabi-nabinya.
            Allah berfirman bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat keterangan sejelas-jelasnya bagi umat manusia, juga mengenai cerita umat terdahulu. Disamping itu ia adalah petunjuk dan pencegah dari perbuatan dosa dan maksiat.
            Allah SWT melarang hamba-hambaNya janganlah menjadi lemah dan sedih hati karena apa yang mereka derita dalam perang Uhud. Sebab kemenangan terakhir adalah bagi orang-orang yang mukmin. Dan jika mereka mendapat luka-luka dan banyak yang gugur dalam perang Uhud, maka hal yang serupa telah dialami pula oleh musuh-musuh mereka dalam perang Badar. Dan memang demkianlah sunnah Allah yang menggilirkan masa kehancuraan dan kejayaan umat manusia.

Sumber: Dr. Rohimin, Tafsir Tarbawi, Nusa Media:Yogyakarta 2008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mudah-mudahan bermanfaat

 

Blogger news

Apa yang anda pikirkan tentang blog ini?